Select Page
Waktu itu ada istilah 4 P yang cukup menjadi acuan dalam berbisnis atau memulai bisnis bahkan bisa dikatakan sebagai strategi bisnis, dimana 4 P ini adalah Product (Produk), Price (Harga), Place (Lokasi) dan Promotion (Promosi). Saya akan mencoba membahas sedikit dari masing – masing point ini :

PRODUCT (PRODUK)

Produk yang unik menjadikan pembeda yang mungkin akan banyak di cari oleh orang, misal nya mungkin namanya sama nasi goreng, tapi dengan nama lain Nasi Goreng Mawut, orang akan penasaran.

PRICE (HARGA)

Untuk harga biasanya berhubungan dengan service (layanan) atau produk itu sendiri, saya contohkan maskapai LION dan maskapai GARUDA , kalau di lihat dari harga nya mana yang lebih mahal? yang saya tahu sih GARUDA lebih mahal di bandingkan dengan LION , apakah ada penumpang di maskapai GARUDA ? ada kan ? LION ada juga … nah pembanding yang lain silahkan cari yaak hehehe ..

PROMOTION (PROMOSI)

Nah ini perlu nih … di jaman sekarang udah banyak tersedia channel untuk melakukan promosi baik yang offline maupun yang online, baik yang berbayar atau bahkan bisa gratis.

PLACE (LOKASI)

Penentuan tempat atau lokasi bisnis menjadi salah satu hal yang utama dalam kelancaran bisnis untuk mudah di jangkau oleh masyarakat umum … itu … dulluuu… sekarang bagaimana ? masih beranggapan seperti itu kah ? mari kita bahas sedikit lebih detail ..

LOKASI

Saya langsung aja memberikan beberapa contoh mengenai tempat usaha yang mungkin bisa di katakan jauh dari “peradaban” misalnya tempat wisata Kalibiru , ingkung mbah cemplung, atau mangut lele mbah marto.. seberapa jauh lokasi mereka mungkin para sobat bisa melakukan akses ke google map dan ikutin petunjuk dari google seberapa jauh , dan setelah sampai sana bisa melihat kondisi pengunjungnya seberapa.
sebagai contoh : Gudeg dan Mangut Mbah Marto harian bisa menghabiskan 40 kg lele dan masa liburan bisa sampai 60 kg lele ( juni 2019)

Nah bagaimana bisa seperti itu ?
Peran netijen dan promo yang di lakukan dengan memanfaatkan teknologi yang di sebut internet sanget memberikan andil dalam “menghilangkan” P (place) menjadi salah satu syarat utama.
Jadi PD aja sob, kalau lokasi mu di rasa “kurang menguntungkan” masih ada jalan kok untuk level up your business.

Google pun menyediakan tools agar bisnis mu dapat dikenali oleh netijen dan pelangganmu akan datang dengan sendirinya.
Optimalkan Google MyBusiness dan google akan membantumu, tapi kunci utama masih di berdoa dan bersabar , tidak ada yang instan untuk mendapatkan sesuatu yang awet nantinya.

Demikian dan selamat mencoba