Select Page

Generasi Baru Progressive Rock Indonesia

by Jun 22, 2019Ulasan

Progressive Rock atau sering disingkat prog adalah jenis musik yang mulai berkembang pada akhir dekade 60-an dan mencapai masa jayanya pada tahun 70-an, menggabungkan elemen-elemen dari rock, jazz dan musik klasik. Kadang pengaruh dari blues dan musik tradisional juga terasa. ( Wikipedia ), dan seterusnya baca sendiri yak … soalnya aku ndak akan bahas apa lebih lanjut mengenai Progressive Rock karena emang aku bukan pengamat musik, hanya sekedar suka mendengarkan musik khususnya rock dkk nya.
Yang akan diulas adalah kelompok band yang menamakan dirinya ESTUDIANTE , dengan genre Progressive Rock nya .. tapi yang lebih kerennya sob,. anggotanya semua nya anak – anak Sekolah Dasar . WOW … langsung aja yakk…
Estudiante Band adalah sebuah band anak beraliran progressive rock yang memulai karir bermusik mereka dari festival ke festival, panggung ke panggung, radio dan juga televisi baik regional maupun nasional. Band yang beranggotakan Sabian (Bassist merangkap Captain), Freya (Vocal), Dzaki (Keyboard), Putra (Guitar) dan Rakha (Drum) terlihat selalu konsisten menghadirkan musik berkwalitas dengan progresi akord mengesankan serta lirik yang apik dan terkesan berkelas namun mudah dipahami. Pendek kata, musik yang mereka usung tampak enak didengarkan namun cukup sulit untuk dimainkan.
Kemampuan bermusik band anak yang didirikan pada 14 Maret 2015 memang diatas rata-rata, dibuktikan dari rekam jejak mereka di dunia per-festival-an. Kerap kali Estudiante Band tercatat memenangi Festival Band dengan rival band-band tingkat Sekolah Menengah maupun Universitas bahkan tingkat Umum. Hal inilah yang membuat beberapa band terlihat cukup gentar saat di venue festival tampak anak-anak kecil ini berlarian dan bercanda sembari menenteng alat musiknya masing-masing. Dalam kurun waktu sekitar 2 tahunan mereka telah mengoleksi belasan gelar juara. Akhirnya merekapun sering di daulat sebagai guest star pada festival musik, konser amal ataupun perform on air maupun off air. Hal ini pula lah yang membuat stasiun televisi ditingkat regional maupun nasional tertarik mengundang mereka untuk mempertunjukkan kemampuan dalam bermusik.
Setelah dirasa memiliki cukup lagu, maka Estudiante Band memulai recording di awal tahun 2017. Dengan tetap mengusung aliran progressive rock mereka mencoba menembus belantika musik Indonesia dan bahkan mereka berkeinginan bisa menembus pasar internasional dengan lagu yang menggunakan bahasa Inggris pada liriknya.
Tujuan awal dibentuknya Estudiante Band sebenarnya adalah untuk mengkampanyekan gerakan “Save Lagu Anak” karena mau tidak mau harus diakui bahwa saat ini di Indonesia sudah sangat jarang ditemui lagu anak yang memiliki syair bermuatan positif dan mendidik serta sarat dengan pesan moral. Bermodal tujuan tersebut diatas, maka lima anak yang memiliki musikalitas tinggi ini bergabung dalam sebuah band dengan tujuan memberikan warna baru bagi dunia musik Indonesia dan mengedukasi anak melalui musik dan lagu.
Dengan berjalannya waktu ternyata lagu-lagu ESTUDIANTE Band ini juga disukai oleh kalangan rermaja dan dewasa. Hal ini dikarenakan lirik lagu dan musik yang mereka bawakan dapat diterima dan menjangkau semua tataran umur pendengarnya. Lagu-lagu milik ESTUDIANTE Band sendiri biasanya mengangkat tema sederhana dalam kehidupan namun cukup mengena, seperti masalah bullying, cinta tanah air, jalan-jalan, kebersihan dan lingkungan, pujian terhadap seorang ibu, dan lain sebagainya. Musik yang diusung adalah musik yang oleh beberapa kalangan dinilai cukup susah dimainkan, yaitu Progressive Rock, salah satu genre musik yg menggabungkan Rock dengan unsur Pop, Jazz, Blues, serta musik tradisional dengan birama atau jumlah ketukan yang berubah-rubah.
Nah mereka ini sudah punya album perdana sob.. album yang saat ini dirilis memuat sepuluh lagu, masing-masing lagu memiliki maksud dan tujuan yang berbeda, bahkan beberapa lagu memiliki makna yang sangat dalam. Kematangan bermusik ESTUDIANTE Band tidaklah datang begitu saja. Selain memang karena mereka sudah mengenal kegiatan bermusik sejak usia dini, juga karena telinga mereka dipengaruhi oleh band-band besar Indonesia maupun dunia yang kerap mereka dengar setiap harinya.
Isi dari album perdana ESTUDIANTE BAND ini sob :
1.Lompat
Lagu ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan semangat kepada para korban bullying dan juga mengajak agar berani melawan aksi bullying yang kerap terjadi belakangan ini.

2.Song For Mom
Lagu slow rock yang melankolis ini menggunakan bahasa Inggris. Merupakan sebuah lagu pujian dan persembahan untuk seorang Ibu yang selalu menjaga dan mendampingi anak-anaknya kapanpun dan dimanapun dengan penuh rasa kasih sayang.

3.Jalan Jalan Saja
Pesan moral lagu ini adalah mengajarkan anak untuk tidak menjadi konsumtif, karena kesenangan dan kebahagiaan bisa didapat tanpa harus menggunakan uang.

4.Suka Bersih
Menjaga diri dan lingkungan agar selalu bersih dengan mencuci tangan sebelum makan serta membuang bungkus makanan di tempat sampah adalah inti dari lagu ini.

5.Indonesiaku
Pada awal penulisannya, lagu ini dibuat untuk menunjukkan (mempamerkan) skill dari masing-masing anggota band mulai dari bass, guitar, keyboard dan drumm. Syair lagu ini merupakan adaptasi dari pelajaran yang mereka dapat di sekolah mengenai Indonesia. Selain daripada itu, lagu ini juga dipersembahkan untuk seluruh atlet Indonesia yang pada saat itu sedang berlaga pada ASEAN GAMES 2018.

6.Si Patokaan
Pengerjaan lagu ini sangat unik dan menunjukkan keragaman budaya yang nyata, dimana lagu yang berasal dari Minahasa (Sulawesi Utara) dibalut dengan melodi etnis Padang (Sumatera Barat) dan dimainkan oleh anak-anak dari Semarang (Jawa Tengah).

7.Anoman Obong
Diciptakan oleh seniman besar Ranto Edi Gudel yang pada awalnya adalah lagu keroncong. Menceritakan kepahlawanan dari Hanuman yang menyelamatkan Sinta pada saat diculik oleh Rahwana dalam cerita Ramayana.

8.Happy B’ Day (Selamat Ulang Tahun)
Lagu yang biasa dinyayikan pada saat ulang tahun ini dikemas dalam nuansa baru ala Estudiante Band yang berbeda.

9.Potong Bebek Angsa
Lagu anak yang berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur dimainkan tetap dengan genre progressive rock dan disisipi gubahan syair yang bercerita tentang senangnya anak-anak ketika hari libur telah tiba.

10.Indonesia Pusaka
Lagu kebangsaan buah karya Ismail Marzuki, pencipta lagu ternama di Indonesia ini terdengar berbeda dengan beat progressiv rock yang menjadi ciri ESTUDIANTE Band.

Dan masih banyak banget sob cerita tentang band kece ini, prestasi apa aja belum aku ungkap di sini, baik prestasi sebagai ESTUDIANTE BAND atau prestasi masing – masing crew nya… hmmm keren habis sob.. Aku aja beli album nya. di spotify juga udah ada sob … tinggal search aja yakk ESTUDIANTE … cling langsung keluar tuh lagu – lagu kecenya.

Di youtube bisa check play listnya di SINI ya sob. … Enjoy the music and SAVE lagu anak Indonesia.

Keep UP ya kiddos ….

Informasi detail di sini sob… :
Email           : [email protected]
Instagram   : @estudiante.indonesia