Select Page

Manfaat Kafein dalam Kopi

by May 25, 2020Ulasan

Minum kopi adalah salah satu yang biasa di lakukan oleh orang ketika pagi hari bahkan tidak jarang dilakukan pada malam hari atau untuk menemani dalam melakukan pekerjaan harian, bagaimana denganmu?
Dan saat ini, begitu banyak olahan minuman kopi yang tersedia di warung kopi atau coffee shop, mulai dari kopi susu, latte, cappucino, kopi gula aren dan olahan minuman kopi yang lain, baik panas maupun dingin (baca :es ) . Namun pernahkah anda minum kopi pahit murni? Kopi pahit murni adalah minuman kopi yang benar-benar disajikan tanpa gula jadi ada rasa pahit dan segar.

Fakta Kafein

Kafein merupakan salah satu kandungan yang ada di dalam kopi, namun ada beberapa bahan yang untuk minuman juga mengandung kafein seperti coklat dan teh, dengan masing – masing kandungan 10 sd 70 mg dan 24 sd 70 mg tergantung dari jenis coklat atau teh ,serta tergantung produk jadinya. Sedangkan untuk kopi sekitar 95 sd 200 mg tergantung dari proses dan jenis kopinya.
Kafein berada di beberapa jenis tanaman tertentu di antaranya adalah kopi, teh , coklat atau tanaman tertentu lainnya dan merupakan senyawa alami yang berfungsi untuk menstimulus kerja otak. Bahkan sering di setarakan dengan kokain bahkan heroin. Di dunia medis, kafein digunakan untuk menstimulasi kerja jantung dan dapat meningkatkan produksi urin.

Bagaimana Cara Kerja Kafein di Dalam Tubuh

Merupakan senyawa yang berfungsi untuk menstimulasi sistem saraf pusat. Ketika kafein di konsumsi, kafein akan diserap dari darah ke jaringan tubuh. 15 sd 20 menit merupakan waktu konsentrasi tertinggi di plasma setelah kafein tercerna oleh tubuh.
Kerja kafein bertolak belakang dengan adenosin yang ada dalam tubuh, adenosin berfungsi membantu proses tidur dan menekan aktifitas sistem syaraf, sedangkan kafein membuat tubuh seperti tidak mendeteksi adanya adenosin sehingga membuat tubuh kita menjadi aktif kembali karena memicu dihasilkannya adrenalin.

Maksimal 4 cangkir dan “sruput” jangan lebih dari 2 menit sob.

Enjoy your coffee

Manfaat dan Fakta Kopi untuk Tubuh

Kopi memiliki begitu banyak manfaat dalam tubuh apabila dikonsumsi tidak berlebihan dan tanpa gula, manfaat ini tidak berlaku untuk kopi instan dalam kemasan . Beberapa manfaatnya adalah :

  1. Sumber Antioksidan dan Memenuhi Nutrisi Tubuh
    Kopi adalah salah satu jenis minuman yang banyak mengandung antioksidan dan berbagai sumber nutrisi seperti kalium, niasin, kromium, magnesium dan vitamin E. Kromium memang sangat baik untuk tubuh karena bisa mengendalikan kadar gula dalam darah. Selain itu magnesium dan kromium juga bisa menurunkan potensi kolesterol buruk dalam darah.Konsumsi minuman kopi tanpa gula secara rutin juga bisa menurunkan resiko terkena penyakit akut karena kandungan flavonoid yang tinggi dalam kopi.
  2. Menurunkan berat badan
    Dalam secangkir kopi terdapat vitamin B12 sebanyak 11% dari jumlah yang disarankan setiap harinya, 6% vitamin B5 dan 3% mangan dan kalium. Tetapi lebih baik memilih kopi yang tanpa bahan kimia dan di hidangkan dengan gula yang tidak berlebihan, lebh baik tanpa gula sama sekali sehingga akan jauh terasa nutrisinya.
    Beberapa studi juga membuktikan bahwa kafein kopi bisa meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 3 sd 11%, karena kafein memang suatu bahan kimia alami yang memiliki kekuatan untuk mendorong proses pembakaran lemak. Dan sekali lagi sangat disarankan tanpa gula sama sekali, tapi sesekali boleh lah ditambah dengan gula.
  3. Mencegah Penurunan Fungsi Otak
    Dalam beberapa penelitian, konsumsi kafein dihubungkan dengan menurunnya resiko terkena penyakit Alzheimer dan parkinson. Penelitian yang lain juga mengungkapkan konsumsi kafein dalam kopi dapat memperlambat proses penurunan fungsi otak yang diakibatkan oleh usia lanjut.
  4. Kopi tidak membuat lebih cepat dehidrasi
    Dalam konsumsi yang tidak berlebihan, kopi tidak berpengaruh terhadap output urin seseorang. Jadi apabila ada pendapat bahwa kopi memiliki efek lebih cepat dehidrasi, maka itu tidak sepenuhnya benar.
  5. Kafein dalam Kopi Bisa meningkatkan Kadar Adrenalin
    Kandungan kafein dalam kopi bisa meningkatkan kadar adrenalin dan juga melepaskan asam lemak dari jaringan lemak di tubuh. Hal tersebut dapat memicu fisik dan mood yang baik sebelum seseorang berolahraga.
  6. Mengurangi Potensi Diabetes
    Kopi tanpa gula tentunya,..melancarkan proses metabolisme sehingga membuat produksi hormon insulin bisa di lakukan sesuai kebutuhan tubuh, dengan mengkonsumsi kopi secara rutin.
Dan masih banyak manfaat lainnya ketika meminum kopi. Yang perlu di perhatikan adalah jangan mengkonsumsi kopi secara berlebihan, maksimal 4 cangkir dalam satu hari, sesuatu yang berlebihan juga tidak baik termasuk meminum kopi.
Jangan tunggu kopimu dingin ya sob, maksimal 2 menit aja sob,.. kenikmatan rasa kopi akan hilang setelah kopimu dingin. Jadi nikmati kopimu sesegera mungkin dan rasakan segera manfaat dari “sruputan” kopimu.

Kopi murni dapat ditemukan di Kopi Robusta Java Mocca, jaminan original tanpa bahan campuran apapun dan anda bisa menikmati kopi beserta manfaatnya dengan leluasa. 🙂

Demikian