Select Page

Wedang Bunga Telang

by May 2, 2020Ulasan

Saat itu aku sedang berkunjung ke teman SMP sebut saja Kang Nunug nama lengkapnya Agustinus Prasetya Bowo Nugroho ( semoga tidak salah … #lol) , nongkrong di salah satu sudut rumahnya di depan tanaman – tanaman organiknya dia, kemudian dibuatkan minuman berwarna biru,.. Nah disinilah aku kenal yang namanya Bunga Telang.
Bunga Telang berwarna biru, kalau disedu menghasilkan warna biru keungu -unguan, hmm… seperti spritus gitu :). Aku lebih suka menyebutnya dengan wedang telang karena kalau aku sebut sebagai teh telang, nanti bisa jadi salah presepsi “.. emang ada ya jenis teh yang dinamakan telang ..” 😀 . Walaupun aku sebut sebagai wedang (asumsi wedang biasanya minuman panas atau hangat) namun minuman dari bunga telang ini bisa disajikan dingin atau dengan es batu. Bagaimana rasanya ? Kalau rasa sebenarnya lebih cenderung ke hambar , atau tidak ada rasanya, bau juga tidak harum seperti hal nya tanaman lain seperti daun pandan, lebih cenderung tidak berbau. Ada satu hal yang cukup menarik yang aku alami,.. Beberapa waktu yang lalu kebetulan istriku membawa bunga telang yang sudah kering ke kantor dan salah satu teman nya berkomentar “ ..iki kembang saru kae ya…” spontan ketawa sih.. Kok saru ya,.. Setelah aku amati.. Hmmm jadi tau letak sarunya di mana hahaha #lol , nah kalau pengen tau, diamati sendiri ya sob hehehe… ditambah lagi ada yang komen di status whatsapp bilang hal yang sama… cuma bisa “mrenges”.
Setelah searching, ternyata nama latin dari bunga telang itu Clitoria Ternatea , jadi sudah bisa di bayangkan kan ? #lol 😀 . Di luar negeri biasa di sebut dengan Butterfly Pea , karena memang bentuknya seperti kupu – kupu.
Dulu tanaman ini tumbuh sebagai tanaman liar, walaupun saat ini pun ada beberapa orang yang menganggap sebagai tanaman liar yang tidak ada manfaatnya, sehingga banyak dicabut dan di buang. Padahal bunga Telang ini memiliki manfaat yang cantik selayaknya warnanya. Salah satu manfaat yang dulu bahkan sampai sekarang masih di gunakan adalah sebagai obat tetes mata baik untuk bayi maupun orang dewasa, selain itu ternyata bunga telang ini memberikan manfaat yang tidak remeh temeh lho sob,.. Seperti meningkatkan daya ingat, mengatasi gangguan kecemasan, meringankan depresi, mengandung antioksidan, menyembuhkan luka, mengurangi peradangan bahkan sampai dengan menyehatkan jantung.
Padahal Bunga Telang ini memiliki manfaat yang cantik selayaknya warnanya

bunga telang segar
Manfaatnya banyak kan sob.. Nah gimana cara mendapatkan nya? Mudah sob,.. Online sekarang banyak di jual bunga telang yang sudah dikeringkan atau datang langsung ke yang membudidayakan nya, tapi sob.. Seperti daun kelor dulu, bunga telang kering harganya masih cukup mahal sob,.. 1kg bunga telang kering bisa sampai 1jt an sob,.. Yang paling mudah, nanem sendiri, mudah kok nanemnya karena di awal tanaman ini tumbuh adalah seperti tanaman liar, jadi relatif mudah untuk tumbuh walaupun dari biji. Aku nanem di rumah untuk kebutuhan sendiri, dan organik 🙂 . Untuk nanem, sebaiknya komposisi tanah dan nutrisi komposnya lebih banyak tanahnya ya sob,.. Pastikan tanahnya jangan tercemar dengan plastik dan kawan – kawannya (nasehat dari Kang Nunug juga neh … ), karena ternyata terlalu banyak kompos juga ndak baik untuk tanaman yang baru disemai.
O iya temen – temen ,… setelah tanaman ini bertumbuh dan berkembang, temen – temen bisa memanennya setiap hari kemudian bisa langsung dinikmati menjadi wedang atau es telang atau bisa di jadikan pewarna makanan yang alami.
bunga telang kering segar
tanaman telang
bunga telang kering
Manfaat bunga telang selain sebagai tetes mata, juga untuk meningkatkan daya ingat, mengatasi gangguan kecemasan, meringankan depresi, mengandung antioksidan, menyembuhkan luka, mengurangi peradangan bahkan sampai dengan menyehatkan jantung

CARA MEMBUAT WEDANG atau ES TELANG

Setelah menanam, kita bisa memanfaatkan salah satunya di buat wedang atau es telang. Aku membuat wedang telang dengan komposisi 250ml air dengan bunga telang 5 sampai dengan 10 lembar, panaskan dan biarkan birunya yang di bunga memudar dan berpindah ke air, kalau pengen yang pake es,.. Di dinginkan dulu, masukin ke kulkas , baru tambah es batu ya sob..
Untuk menambah rasa, bisa di tambahkan dengan gula batu, jeruk nipis atau jahe , selain menambah rasa dan aroma juga menambah khasiat kece dari bunga telang ini.

BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN

Tanaman atau bunga ini sebenarnya mudah mendapatkannya, di pinggir jalan atau desa – desa masih banyak, namun bagi temen – temen yang ndak mau repot mencari bisa beli di SINI

Have fun and enjoy it

es telang